Jadi Jurnalis Itu Tidak Mudah


Subang- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Cakrawala Fikom Unsub Mengadakan Nyakrawala bertema "Literasi! Membaca, membaca, membaca kemudian Menulis", penyelenggara menghadirkan Kang Lukman (Pemred Pasundan Ekspres) dan Kang Annas (Pemred Tinta Hijau) selaku pemateri hadiri kegiatan  yang diselenggarakan di Universitas Subang pada hari jum'at 22 November 2019, Senin (25/11/2019)
Kegiatan tersebut merupakan kali kedua Komunitas LPM, rata-rata pengunjung yang datang dari kalangan Mahasiswa Fikom.
Tugas Jurnalis tidak mudah, semuanya membutuhkan konsistensi tinggi dan berjiwa besar. "Orang bermental cengeng jangan jadi jurnalis" ujar Kang Anas. Jurnalis dituntut menjiwai Jurnalistik dalam hati bukan sekedar mau tapi lakukan dengan sungguh-sungguh dan jujur. "Jadilah Jurnalis yang jujur dan tanamkan Jurnalisme dari ujung kepala-ujung kaki mu, alirkan Jurnalisme didarah daging mu" ujarnya lagi.
Sebagai Jurnalis harus punya tujuan utama bukan sekedar nulis, tapi pesan yang diutamakan. "Medium is Message, kita harus memiliki tujuan,pesan apa yang akan disampaikan dan Kepada siapa pesan disampaikan" ujar Kang Lukman. Jurnalis juga harus menarik sudut pandang pembaca melalui pesan dan gaya tulis. "Gaya tulisan dan gaya pesan bisa menjadi ciri khas bagi penulis dan bisa menjadi daya tarik untuk pembaca, walau begitu masih punya unsur 5W+1H" ujar Kang Anas.
Jurnalis dituntut kreatif, memiliki imajinasi yang tinggi untuk mendapat informasi-informasi dengan cara literasi. "Sebagai Jurnalis harus memiliki imajinasi yang tinggi agar kita mendapat informasi lebih dulu" ujar Kang Lukman.
Pentingnya literasi  mudah mendapat informasi-informasi,dan mengasah kemampuan untuk memahami, menganalisis dan mendekonstruksi pemberitaan bagi Jurnalis. Dan Jurnalis harus memiliki style  atau gaya tulisan agar menjadi gaya tarik bagi pembaca dan pemberitaan tidak luput dari unsur 5W+1H.

Komentar